Pemkab Luwu Timur dan Yayasan Bumi Sawerigading Tana Luwu Gelar Workshop Program Pemulihan Flora dan Fauna Asli Danau Mahalona

POTO KLIK – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, bekerjasama dengan Yayasan Bumi Sawerigading (YBS) Tana Luwu, menggelar sebuah workshop dan eksposing terkait Program Pemulihan Flora dan Fauna Asli Danau Mahalona. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemulihan dan pelestarian ekosistem Danau Mahalona yang terletak di kompleks Danau Malili, Luwu Timur, periode 2023–2024. Workshop ini diadakan di Aula Hotel I Lagaligo pada Kamis, 21 September 2023.

Workshop ini mendapatkan dukungan dari Synchronicity Earth (SE) dan SHOAL, dan turut dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Staf Ahli Pembangunan, Rapiuddin Tahir, Direktur Yayasan Bumi Sawerigading Tana Luwu, Abdul Malik Saleh, serta Wakil Rektor IV Universitas Andi Djemma Palopo, Abdul Rahman Nur.

Rapiuddin Tahir, Staf Ahli Pembangunan, berbicara mengenai pentingnya workshop ini dalam menghasilkan ide-ide inovatif dan solusi untuk pemulihan Danau Mahalona. Dia mengatakan, “Workshop ini akan menghasilkan ide-ide inovatif dan solusi yang dapat kita terapkan bersama-sama.”

Selain itu, Rapiuddin juga menekankan pentingnya sinergi lintas sektor dalam upaya pemulihan flora dan fauna asli Danau Mahalona.

“Danau Mahalona bukan hanya merupakan warisan alam yang berharga, tetapi juga merupakan pusat kehidupan bagi banyak spesies flora dan fauna yang unik. Mari kita bersama berkomitmen bulatkan tekad untuk menjaga lingkungan ekosistem Danau Mahalona ini yang menjadi salah satu ikon wisata alam Bumi Batara Guru,” ungkapnya.

Workshop ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dan perwakilan, termasuk Kepala BBKSDA Wilayah I Kota Paloporan, perwakilan BAPPEDA Kabupaten Luwu Timur, kepala OPD, Universitas Andi Djemma Palopo, perwakilan PT Vale Indonesia, perwakilan Camat Towuti, perwakilan Kepala Desa Tole, Ketua PD AMAN Luwu Timur, tokoh masyarakat, pendamping desa, nelayan Desa Tole, dan CSO/Komunitas seperti POSPERA Luwu Timur dan Komunitas Mori Diving Club.

Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan Yayasan Bumi Sawerigading Tana Luwu dalam program pemulihan Danau Mahalona ini diharapkan akan membantu mempertahankan keberagaman hayati di Danau Mahalona dan menjadikannya sebagai sumber daya yang berkelanjutan untuk generasi mendatang.***

Komentar