Gas Air Mata dan Water Canon: Polres Luwu Timur Peragakan Pengamanan Kericuhan Pemilu

POT KLIK – Dalam rangka mengantisipasi potensi kericuhan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polres Luwu Timur menggelar simulasi pengamanan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolres Luwu Timur, AKBP Silvester MM Simamora, yang menjelaskan bahwa simulasi ini bertujuan untuk mengantisipasi unjuk rasa atau kerumunan massa yang mungkin terjadi di kantor KPU Luwu Timur.

“Hari ini kita laksanakan dengan kekuatan personil kurang lebih 300 orang, dibantu oleh TNI, satpol PP, dan damkar,” ujar Kapolres Silvester.

Menurutnya, apabila terjadi situasi yang tidak diinginkan saat pelaksanaan kegiatan nanti, Polres Luwu Timur telah mempersiapkan bantuan dari personil Brimob Kelompok Bantuan Operasi (BKO) baik dari TNI maupun Polda, serta satpol-pp dengan total jumlah personil pengamanan mencapai 500 hingga 600 orang.

Dalam simulasi tersebut, Polres Luwu Timur memperagakan pengamanan dan membubarkan massa yang melakukan anarkis dengan cara mebembakan gas air mata, penyemprotan water canon, serta pengamanan komisioner KPU yang dilakukan oleh tim resmob.

Simulasi pengamanan ini turut disaksikan langsung oleh Kapolres Luwu Timur, Ketua KPU Luwu Timur, perwakilan TNI, satpol PP, dan Damkar. Langkah proaktif ini diharapkan dapat menciptakan situasi aman dan kondusif menjelang Pemilu 2024 serta memberikan kepercayaan kepada masyarakat dalam pelaksanaan demokrasi yang tertib dan damai.***

Komentar