Tinjau Pembangunan Jalan di Desa Kawata, Abdul Munir: Jalan ini Jantung Ekonomi Masyarakat

POTOKLIK.ID – Dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Luwu Timur, Abdul Munir Rasak dan Najamuddin, melakukan peninjauan langsung terhadap pembangunan jalan di Desa Kawata, kecamatan Wasuponda, kabupaten Luwu Timur, pada Senin (4/12/2023).

Jalan yang menjadi fokus peninjauan tersebut adalah akses penghubung desa di kecamatan Wasuponda, yang juga berperan sebagai jalur penghubung antar provinsi, menghubungkan Luwu Timur, Sulawesi Selatan, dan kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Abdul Munir Rasak menyatakan bahwa jalan tersebut memiliki peran strategis sebagai pusat ekonomi bagi masyarakat di beberapa desa di kecamatan Wasuponda. Selain itu, jalan ini juga sering digunakan oleh masyarakat lintas provinsi untuk mengakses hasil pertanian dan kebutuhan sehari-hari.

“Jalan ini merupakan jantung ekonomi masyarakat di beberapa desa di kecamatan Wasuponda, yang juga dimanfaatkan masyarakat lintas provinsi. Kalau jalan ini bagus, saya percaya ekonomi masyarakat akan meningkat,” ujar Abdul Munir.

Menurutnya, alokasi anggaran yang diberikan oleh Pemerintah Luwu Timur untuk pembangunan jalan ini sudah tepat. Selain menjadi akses sehari-hari masyarakat, jalan ini juga merupakan jalur yang sering dilewati untuk kepentingan masyarakat menuju pusat kecamatan.

“Bayangkan, kalau masyarakat mau ke kantor Camat, harus keluar dulu lewat Kota Malili. Nah, kalau jalan ini bagus, masyarakat tidak perlu keluar lagi, jaraknya juga dekat,” tambahnya.

Abdul Munir Rasak juga mengungkapkan bahwa di Desa Kawata terdapat jalan yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi. Oleh karena itu, ia menyarankan agar pemerintah provinsi lebih fokus untuk membangun jalan tersebut agar akses ke Sulawesi Tengah menjadi lebih mudah dan cepat.

“Di sini masih ada jalan yang kewenangannya pemprov. Kalau ini difokuskan dibangun jalan ke Sulteng lebih dekat, ekonomi masyarakat juga pastinya meningkat. Bisa jadi pinggir jalan nanti banyak rumah warga karena jalannya bagus,” tutup Munir.

Komentar