Tingkatkan Partisipasi Pemilih Perempuan, KPU Luwu Timur Sasar Ibu-ibu Bhayangkari

POTOKLIK.ID – Guna meningkatkan peran dan partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur tahun 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur melaksanakan sosialisasi pendidikan pemilih dengan menyasar pemilih perempuan.

Sosialisasi pendidikan pemilih perempuan itu menyasar ibu-ibu Bhayangkari cabang Luwu Timur, Polisi Resor (Polres) Luwu Timur, yang diselenggarakan di gedung wanita Simpurusiang, jalan Soekarno-Hatta, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Selasa (30/7/2024).

Eks Komisioner KPU Luwu Timur periode 2018-2023 Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Hastuti yang menjadi narasumber pada sosialisasi tersebut.

Saat memaparkan materi sosialisasi, Hastuti menjelaskan kepada peserta Bhayangkari cabang Luwu Timur yang hadir terkait peran perempuan untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak 2024.

“Peran perempuan sangat penting, pemilih perempuan yang dimaksud dalam hal ini adalah perempuan yang memenuhi syarat untuk memilih,” ucap Hastuti.

Ia menambahkan jumlah pemilih perempuan pada Pemilihan Umum (Pemilu) lalu, lebih besar dari pada jumlah pemilih laki-laki.

“Jadi setiap pemilihan di Luwu Timur, jumlah pemilih perempuan mendominasi, tidak pernah jumlah pemilih laki-laki lebih besar dari jumlah pemilih perempuan,” jelasnya.

Oleh karena itu, dia berharap agar peran penting perempuan untuk mendongkrak partisipasi pemilih untuk mencapai 100 persen.

“Partisipasi perempuan sangat diperlukan agar tidak terjadi praktek dan penyimpangan selama pemilihan dan harus selektif dalam menentukan pilihan, memilih pemimpin untuk menentukan nasib Luwu Timur 5 tahun kedepan” pungkas Hastuti.

Kapolres Luwu Timur, AKBP Zulkarnain berharap agar Pilkada serentak 2024 berjalan dengan lancar, aman dan damai serta memastikan anggota Polri netral.

“Kita semua sebagai anggota Polri harus netral dan saya pastikan semua anggota Polisi netral. Dan untuk ibu-ibu Bhayangkari sebagai pemilih agar mengikuti aturan dan ketentuan.” tegasnya.

Hadir dalam sosialisasi itu, Komisioner KPU Luwu Timur, Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Indrawanto Paningaran, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan, Ilhamudin Alkadry, Kapolres Luwu Timur, AKBP Zulkarnain serta serta Ayu Zulkarnain, Ketua Bhayangkari Cabang Luwu Timur, Polres Luwu Timur.***

Komentar