ETPD Upaya Mengubah Transaksi Pemda Luwu Timur Dari Tunai Menjadi Digital

POTO KLIK РDalam rangka transformasi digital pengadaan barang dan jasa, UKPBJ Luwu Timur menggelar Rapat koordinasi bersama seluruh kasubag perencanaan OPD, Pejabat pembuat Komitmen  pada Dinas Kesehatan dan Sekretariat DPRD, Jumat (24/02/2023) bertempat di Aula UKPBJ Lutim.

Rakor yang dipimpin oleh  Kepala UKPBJ-Efy Syahriani, ini membahas perencanaan kegiatan belanja barang dan jasa pada setiap OPD yang rutin dilakukan pada setiap tahunnya, sehingga dapat diusulkan untuk dimasukan pada etalase e-katalog lokal Pemerintah Kab. Luwu Timur.

UKPBJ luwu timur telah memfasilitasi OPD dalam pembukaan beberapa etalase pada e-Katalog Lokal, sebagai tindak lanjut Surat Edaran Kepala LKPP Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Tata Cara Pengelolaan Katalog Elektronik Pasca Pencantuman Barang/Jasa Pada Katalog Elektronik dan Surat Edaran Bupati Luwu Timur Nomor 810/0317/BUP Tentang Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Kabupaten Luwu Timur Tahun Anggaran 2023.

Menurut Kepala UKPBJ-Efy Syahriani, ST penerapan program e-Katalog Lokal dapat memberikan berbagai manfaat, diantaranya mempercepat dan mempermudah belanja Barang dan Jasa Rutin, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal/regional, efisiensi waktu dan biaya dalam memperoleh barang/jasa yang dibutuhkan, meningkatkan transparansi dalam proses pengadaan barang/jasa serta memudah monitoring karena tercatat secara elektronik.

Selain itu, Belanja Pengadaan barang dan jasa melalui e-katalog lokal dapat mendorong dan meningkatkan pelaksanaan (ETPD) Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah.

“Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) adalah upaya mengubah transaksi Pemda dari tunai menjadi digital, yang mana perubahan proses bisnis yang terdapat pada e-katalog lokal yang diimplementasikan oleh seluruh OPD lingkup Pemerintah Kab. Luwu Timur merupakan salah satu inovasi yang diinisasi oleh Bagian PBJ Sekretariat Daerah yakni Digitalisasi Belanja Barang dan Jasa melalui e-katalog Lokal (DIGITA-LOKA),” jelas Efy

Sementara itu, Salman Akbar, S.Kom, MT menambahkan bahwa implementasi e-katalog lokal di lingkup Pemerintah kabupaten Luwu Timur telah berjalan sejak tahun 2022, dan telah memiliki 21 etalase yakni :

1. Alat dan/atau Mesin Pertanian Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur

2. Alat Tulis Kantor Kabupaten Luwu Timur

3. Aspal Kabupaten Luwu Timur

4. Bahan Material Kabupaten Luwu Timur

5. Bahan Pokok Kabupaten Luwu Timur

6. Belanja Media Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur

7. Benih Hortikultura Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur

8. Benih Tanaman Pangan Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur

9. Benih Tanaman Perkebunan Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur

10.  Beton Precast Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur

11.  Beton Ready Mix Kabupaten Luwu Timur

12.  Hewan Ternak Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur

13.  Jasa Keamanan Kabupaten Luwu Timur

14.  Jasa Kebersihan Kabupaten Luwu Timur

15.  Jasa Pengelolaan Sampah Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur

16.  Makanan dan Minuman Kabupaten Luwu Timur

17.  Pakaian Dinas dan Kain Tradisional Kabupaten Luwu Timur

18.  Pemeliharaan Bangunan Gedung Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur

19.  Seragam Sekolah Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur

20.  Servis Kendaraan Kabupaten Luwu Timur

21.  Souvenir Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur. (ikp-humas/kominfo-sp)

Komentar